Cari Blog Ini

Jumat, 18 Maret 2011

Seberapa Kayakah Anda?

Seorang pria kaya menawarkan seribu rupee kepada seorang yang miskin. Si miskin itu bertanya kepada si pria kaya, "Engkau memberiku seribu rupee. Berapa banyak yang engkau miliki untuk diri sendiri?"
"Aku masih memiliki ribuan rupee," jawabnya.
"Apakah engkau masih ingin memiliki lebih banyak uang lagi?"
"Ya, tentu saja!" jawab si pria kaya.
"Kalau begitu, aku tidak dapat menerima pemberianmu," jawab orang miskin itu. "Karena seorang yang kaya dilarang menerima dari orang yang lebih miskin daripadanya."
"Aku tidak mengerti maksudmu," sahut si pria kaya.

Orang miskin tersebut kemudian menjelaskan, "meskipun aku tidak memiliki apa-apa, aku tidak menginginkan apa-apa. Sebaliknya, engkau memiliki uang sangat banyak dan masih menginginkan lebih banyak uang. Orang yang selalu menginginkan sesuatu, lebih miskin daripada orang yang sudah puas dan bahagia dengan apa yang dimilikinya!"


(Dari: Buku Kumpulan Kisah Bijak - Saat Chung Tzu Kehilangan Istri, karya J.P. Vaswani. Penerbit Kanisius, 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar