Cari Blog Ini

Minggu, 20 Maret 2011

Jantung Meditasi Kehidupan

Meditasi sudah semakin menjadi kebutuhan. Banyak orang haus akan kesehatan, kedamaian, dan pembebasan batin. Meditasi bukanlah teknik, melainkan keahlian yang bisa dikuasai kalau dipraktikkan. Meditasi mengantar orang untuk hidup lebih dalam, mengalami kepenuhan hidup dari saat ke saat.

Untuk bisa mengalami kepenuhan hidup dari saat ke saat, Anda perlu secara sadar memberikan perhatian terus-menerus pada saat sekarang. Saat sekarang, di sini, adalah saat meditasi.

Cara paling cepat untuk bisa masuk ke saat sekarang adalah dengan mengembangkan kehendak dan energi untuk melepas segala sesuatu. Lepaskan seluruh beban masa lampau dan masa depan Anda. Lepaskan segala pikiran dan emosi yang menggayut. Melepaskan segala beban akan membuat hidup lebih bebas dan ringan. 

Lalu, beri perhatian terus-menerus terhadap gerak pikiran dan emosi Anda. Sadari ketika ada pikiran atau emosi yang datang, sadari pula pikiran dan emosi yang pergi. Terimalah pikiran dan emosi Anda tanpa memberi komentar atau penilaian. Menerima apa adanya dan membiarkan pergi apa adanya. Ketika pikiran dan emosi berhenti, Anda dibawa masuk pada kesadaran-hening yang jernih.

Sadarilah saat/jeda-antara ketika satu pikiran atau emosi berhenti, sebelum pikiran atau emosi yang lain muncul. Jeda-antara itulah yang disebut keheningan. Semakin panjang jeda-antara, semakin dalam Anda menikmati keheningan yang indah.

Bermeditasi setiap hari membuat energi kesadaran Anda lebih tinggi, dibandingkan rata-rata orang lain yang belum pernah berlatih meditasi. Ketika Anda memberi perhatian penuh pada setiap momen 24 jam setiap hari, Anda telah masuk pada jantung meditasi kehidupan. Sadar setiap saat memang tidak mudah, namun tidak sulit juga. Yang dibutuhkan hanyalah pembiasaan untuk sadar.

(Dari: Buku Revolusi Batin Adalah Revolusi Sosial, karya J. Sudrijanta, S.J. Penerbit Kanisius, 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar