Cari Blog Ini

Kamis, 31 Maret 2011

Mengubah

Sufi Bayazid bercerita tentang dirinya:

"Waktu masih muda, aku ini revolusioner dan aku selalu berdoa agar Tuhan memberi aku kekuatan untuk mengubah dunia!"

"Ketika aku sudah separuh baya dan sadar bahwa setengah hidupku sudah lewat tanpa mengubah satu orang pun, aku mengubah doaku agar Tuhan memberi aku rahmat untuk mengubah semua orang yang berhubungan denganku seperti keluarga dan kawan-kawan, maka aku akan puas."

"Sekarang, ketika aku sudah tua dan saat kematianku sudah dekat, aku mulai menyadari betapa bodoh aku. Doaku satu-satunya sekarang adalah agar Tuhan memberi aku rahmat untuk mengubah diriku sendiri. Seandainya sejak semula aku berdoa seperti itu, aku tentu tidak begitu menyia-nyiakan hidupku!"

Setiap orang berpikir mau mengubah umat manusia. 
Hampir tak seorang pun berpikir bagaimana mengubah dirinya.

(Dari: Buku Burung Berkicau, karya Anthony de Mello, S.J. Penerbit Yayasan Cipta Loka Caraka, 1984)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar