Cari Blog Ini

Jumat, 04 November 2011

Memahami dengan Rendah Hati

Masalah timbul karena orang berpikir mereka cukup cerdas untuk memperbaiki segalanya. Mula-mula, mereka mencoba. Kalau ada perlawanan, mereka memaksa. Lalu, mereka memaksa lebih keras hingga niat mereka hilang dalam pergumulannya dan ketidakharmonisannya. Kelicikan dan kejeniusan menjadikan segalanya lebih parah.

Bersikap lunaklah terhadap dunia. Tempatkanlah kekecilan dari apa yang diketahui di sebelah kebesaran dari yang tidak diketahui. Pahamilah dengan rendah hati. Hormatilah yang diketahui. Terlebih lagi, hormatilah yang tidak diketahui.

Percayalah akan keberadaan alamiah dari segalanya. Biarlah setiap orang mencari jalannya sendiri. Rahasia yang sama itu berbeda bagi setiap orang. Janganlah memberitahu siapa pun, tetapi janganlah menyimpan rahasia.

Umur ada batasnya, tetapi misteri tak ada batasnya. Sungguh bodoh berusaha menangkap yang tak terbatas di dalam yang terbatas. Karena itu, pemahaman hendaknya tidak menghalangi jalan masing-masing hal.

(Dari: Buku Tao Kehidupan - Ajaran Lao Tzu yang Diadaptasi untuk Zaman Baru, karya Ray Grigg. Penerbit Lucky Publishers, 2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar