Cari Blog Ini

Senin, 28 November 2011

Mati Berkali-Kali

Seorang pria baru saja pulang dari suatu retret akhir pekan, ketika seorang tetangga bertanya kepadanya bagaimana retret berjalan, ia menjawab, "Saya mati!"

"Saya mengikuti kegiatan itu tanpa tahu apa yang saya harapkan. Tetapi dalam proses retret, saya menemukan, saya telah menghabiskan seluruh hidup saya bersembunyi di balik banyak topeng. Saya sadar, saya bahkan tak pernah membiarkan istri saya melihat diri saya yang sebenarnya. Saya telah membuat permainan dengannya, dengan anak-anak, dengan orang-orang lain. Saya tidak pernah menyatu dengan perasaan-perasaan jujur mengenai diri saya sendiri. Ketika semua ini diperlihatkan selama retret, saya mati berkali-kali," ujar pria tersebut.

"Usia saya sudah separuh baya," ia meneruskan, "tetapi sungguh menyedihkan, saya tak pernah jujur tentang diri sendiri. Saya harus mengalami pengalaman kematian ini, agar dapat menjadi pribadi yang baru."

(Dari: Buku Rangkaian Kisah Bermakna - 100 Cerita Bijak jilid ke-4, karya Brian Cavanaugh, T.O.R. Penerbit Obor, 2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar