Cari Blog Ini

Jumat, 16 Desember 2011

Lebih Sedikit, Lebih Baik

Hingga sekarang, telah kuhabiskan kehidupanku berbuat lebih dan belajar lebih banyak. Apa salahnya dengan itu? Aku mulai bertanya-tanya.

Apakah selama ini aku demikian sibuk, sehingga kulewatkan indahnya kehidupan? Apakah selama ini aku demikian sibuk mengumpulkan informasi, sehingga kulewatkan kedamaian batiniah yang seharusnya jadi milikku? Apa yang harus kuperbuat?

Akan kutinggalkan kegiatan-kegiatan yang dulu kukira akan memenuhiku, tetapi ternyata tidak. Akan kulepaskan kebutuhanku untuk mengetahui segalanya, dan aku akan mulai mendengarkan untuk melihat apakah aku masih ada di sini. 

Kalau yang lebih banyak itu mengantarku ke keberadaanku sekarang, kusimpulkan yang lebih sedikit akan mengantarku ke mana aku ingin berada.

(Dari: Buku Tao Pemulihan, karya Jim McGregor. Penerbit Lucky Publishers, 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar