Cari Blog Ini

Senin, 09 Januari 2012

Mengakhiri Kemelekatan

Tanya: 
Saya memiliki banyak kemelekatan dan sudah berjuang melepaskan diri dari hal itu. Tetapi, kemelekatan tetap membelenggu. Mengapa sulit bebas dari kemelekatan?

Jawab:
Orang bisa melekat pada barang, orang lain, suasana, kenikmatan, agama, opini, ide, Tuhan sebagai konsep, dan seterusnya. Kemelekatan bisa bersifat positif kalau batin menyenangi objek yang menarik hati, dan bisa bersifat negatif kalau batin tidak menyenangi objek yang memuakkan hati.

Mengapa sulit melepaskan diri dari kemelekatan? Apakah Anda memiliki motif untuk lepas dari kemelekatan itu? Bukankah Anda menderita oleh kemelekatan dan karenanya ingin bebas dari kemelekatan? Keinginan psikologis untuk bebas dari kemelekatan merupakan bentuk lain dari kemelekatan.

Mengapa Anda melekat pada sesuatu? Ketakutanlah membuat Anda melekat dan ketakutan yang sama membuat Anda tak ingin melekat. Ketakutan merupakan sumber kemelekatan dan keinginan psikologis merupakan penggerak kemelekatan yang lain.Tidak ada kemelekatan tanpa keinginan psikologis. Bisakah Anda melihat keseluruhan gerak ketakutan, keinginan psikologis, dan kemelekatan ini, lalu mengakhirinya seketika?

(Dari: Buku Titik Hening - Meditasi Tanpa Objek, karya J. Sudrijanta, S.J. Penerbit Kanisius, 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar