Cari Blog Ini

Minggu, 08 Januari 2012

Batin Teflon

Salah satu cara melepas adalah memiliki batin a la teflon - tidak ada apa pun yang menempel padanya. Ketika tidak ada apa pun yang menempel pada batin, kita bisa mendapatkan pengalaman indah. Janganlah berupaya mengumpulkan segala sesuatu dan mengizinkannya menempel pada batin.

Anda memiliki momen indah ini, nikmatilah sekarang. Ketahuilah bahwa ini pun akan berlalu, sehingga Anda bisa bebas dan siap untuk kedatangan momen berikutnya, dan lepaskan pula momen itu.

Seluruh kebahagiaan dan ketidakbahagiaan dalam hidup tidak akan pernah menempel pada Anda. Artinya, Anda selalu bisa bebas untuk momen berikutnya, tanpa membiarkan momen terakhir menghalangi momen yang kini. Anda cukup sekadar mengambang melewati hidup, tak mengumpulkan apa pun, apalagi mengharapkan masa depan.

Waspadalah, jika kita menyimpan momen bahagia, hal itu akan memberi kita begitu banyak pengharapan, begitu banyak pembandingan, sehingga kita tak akan bisa menikmati momen berikutnya. Lepaskanlah semua momen - suka maupun duka pada masa lalu, sampai kita memiliki badan dan batin yang tak bisa dilekati apa pun, yang berarti kita bisa menikmati apa pun yang terjadi berikutnya, tak membiarkan masa lalu membelenggu kebebasan kita.

(Dari: Buku Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya 2! - 108 (Lagi!) Cerita Pembuka Pintu Hati, karya Ajahn Brahm. Penerbit Awarenss Publication, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar