Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juli 2011

Berhenti Menggali Emas untuk Menjual Air

Di tahun 1938, berita tentang simpanan emas yang ditemukan di suatu kota di Xinjiang menyebar ke seluruh negeri. Banyak orang bergegas ke sana untuk mencari emas.

Di antara orang-orang itu, terdapat seorang petani berusia 17 tahun, namanya Zhang Dong. Ternyata, di kota itu tidak ada bijih emas seperti yang dibayangkan orang, dan tak seorang pun mendapatkan emas. Banyak orang malah jatuh sakit karena cuaca panas dan kering, serta kekurangan air.

Ketika berada di tengah orang-orang yang mengumpat karena tidak menemukan emas, tiba-tiba Zhang Dong mendapat gagasan. Ia meninggalkan mereka dan mencari sumber air. Ia lalu membawa air ke daerah penggalian emas dan menjual air kepada mereka. Dalam waktu kurang dari dua bulan, ia berhasil mengumpulkan banyak uang. Ketika orang-orang meninggalkan lokasi galian emas dengan tangan hampa, Zhang Dong malah berhasil mengumpulkan rezeki.

Tak guna mengumpat saat berada dalam situasi sulit. Dengan ketenangan hati, dapat muncul gagasan kreatif.  

(Dari: Buku Kebijaksanaan China Sehari-hari - Everyday Chinese Wisdom, dikompilasi oleh Cheng Qinhua. Penerbit Elex Media Komputindo, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar