Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Juli 2011

Bebas dari Mesin Pikiran dan Waktu

Pikiran memuat berbagai ingatan masa lampau dan ilusi masa depan. Ia bukan Saat Sekarang. Pikiran adalah arus waktu. Pikiran memisahkan dan menjauhkan Anda dari Saat Sekarang.

Kesadaran bekerja tidak tergantung pikiran. Kesadaran merupakan nyala api Saat Sekarang. Arus kesadaran merupakan arus di luar waktu. Kesadaran menyatukan pikiran, perasaan, kehendak, tindakan, dan keseluruhan diri Anda.

Saat Anda tidak sadar, Anda terjebak pada arus pikiran dan waktu. Anda merasa  tidak lengkap, kurang sempurna, takut, gelisah, cemas, mudah marah, benci, terluka, dan seterusnya. Semua itu menjadi tanda bahwa Anda tidak sadar. Kalau Anda sadar, Anda bebas dari mesin pikiran dan waktu.

Pikiran telah menciptakan banyak mesin kehancuran di muka bumi. Mesin pemiskinan, ketidakadilan, kekerasan - tidak lain adalah ciptaan pikiran. Ketidaksadaran kolektif telah melahirkan pikiran yang menghancurkan wajah kemanusiaan dan alam semesta ini.

Kalau Anda tidak sadar, Anda sudah ikut dalam arus penghancuran itu. Kalau Anda sadar, Anda mungkin dimampukan untuk memotong mesin penghancuran itu mulai dari dalam diri Anda.

(Dari: Buku Revolusi Batin adalah Revolusi Sosial, karya J. Sudrijanta, S.J. Penerbit Kanisius, 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar