Cari Blog Ini

Kamis, 10 Juli 2014

Mustahil Merasakan Ketakutan pada Saat Sekarang

Ketakutan hanya bisa dialami dengan hidup di masa depan. Berusaha untuk hidup di masa depan saat ini, yang tentu saja mustahil, hanya akan menciptakan ketegangan dan ketakutan. Kendati kita hanya mendahului lima menit dalam sebuah situasi sulit, kita akan menciptakan banyak ketakutan untuk diri kita sendiri. 

Dengan hidup di masa depan dan bukan di masa sekarang, kita hanya bisa berharap masa depan kita akan seperti masa lalu, sebab hanya masa lalu yang kita miliki untuk diberikan ke masa depan.

Namun, jika kita sepenuhnya hidup pada saat ini, kita memberikan hal ini kepada masa depan kita dan ketakutan pun hilang. Jika hidup sepenuhnya pada masa ini, seberapa pun berat tampaknya, kita tak memikirkan masa depan kita. Itulah sebabnya, tidak mungkin ada ketakutan. Itulah saatnya melepaskan dan memberi, yang membuka pintu bagi keabadian dan cinta, lawan dari ketakutan.

Latihan

Hari ini, cobalah simak cara-cara Anda akan hidup di masa depan dan menciptakan segala jenis ketakutan untuk diri Anda sendiri. Bersedialah untuk berada di masa kini, sehingga masa depan bisa mengatur dirinya sendiri. Seperti perkataan dalam A Course in Miracles, "Tempatkan masa depanmu dalam tangan Tuhan," hidup saja dari waktu ke waktu, nikmati hidup sepenuhnya. Hadirlah di sini dan terimalah kenikmatan dari setiap saat. Selamat menikmati!

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses hal. 326-327, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar