Cari Blog Ini

Kamis, 17 Januari 2013

Ujian Tiga Saringan

Socrates (470SM-399SM), filsuf dari Athena-Yunani, terkenal memiliki pengetahuan tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari, seorang kenalannya berkata kepada Socrates, "Tahukah Anda, apa yang saya dengar tentang teman Anda?"

"Tunggu dulu," tanggap Socrates. "Sebelum Anda menceritakan sesuatu kepada saya, saya akan adakan tes sederhana. Ini disebut Ujian Tiga Saringan (Triple Filter Test)."

"Saringan pertama adalah kebenaran. Apakah Anda sungguh yakin, apa yang akan Anda katakan kepada saya itu sesuatu yang benar?" tanya Socrates.

"Tidak," jawab kenalannya. "Saya hanya mendengar dari orang tentang hal itu."

"Jadi, Anda tidak yakin. Saringan kedua adalah kebaikan. Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik?" tanya Socrates lagi.

"Tidak, justru sebaliknya."

"Jadi, Anda akan katakan sesuatu yang buruk tentang teman saya, tetapi tidak yakin apakah itu benar. Masih ada satu saringan lagi, yaitu kegunaan. Apakah yang akan Anda katakan itu berguna bagi saya?" tanya Socrates.

"Tidak, sama sekali tidak."

"Bila Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk, dan bahkan tidak berguna; mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya?" ujar Socrates.

(Dari: Buku 100 Inspiring Stories - Kisah-kisah Kehidupan yang Menginspirasi, Menghibur, dan Menyejukkan Jiwa Anda, karya Xavier Quentin Pranata. Penerbit Andi-Yogyakarta, 2012)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar