Cari Blog Ini

Sabtu, 27 September 2014

Peduli Keluarga

Ketika merpati betina hendak bertelur, merpati betina dan jantan bekerja sama mengumpulkan jerami-jerami dan merajutnya sebagai sarang tempat merpati betina mengerami telur-telurnya. 

Merpati jantan selalu menjaga merpati betina dan telur-telur dari ancaman bahaya, terutama gangguan dari pejantan-pejantan lain. Jika merpati betina lelah dan lapar karena mengerami telur-telurnya, merpati jantan akan segera menggantikan posisi merpati betina untuk mengerami telur-telur itu.

Apakah kita sudah cukup peduli dengan keluarga kita? Yang memprihatinkan, banyak terjadi kasus pembunuhan dalam keluarga seperti orangtua membunuh anaknya atau anak membunuh orangtuanya. Ada juga ayah atau kakek yang memerkosa anak atau cucunya sendiri.

Tidak seperti merpati jantan yang selalu setia dan penuh perhatian ketika merpati betina mengerami telur-telurnya, kebanyakan pria bersikap tidak peduli dengan tugas seorang istri. Mereka beranggapan, pria yang mencari nafkah dan tidak perlu ikut mengurusi rumah tangga seperti mengasuh anak-anak.

Banyak suami yang sama sekali tidak bisa berbuat apa-apa ketika diminta istri untuk membuatkan susu, mengganti popok, dan sebagainya. Belajarlah dari burung merpati jantan, yang peduli akan urusan rumah tangganya.

(Dari: Buku Pembelajaran Moral dari Sifat Binatang - 50 Tip Motivasi dari 10 Binatang yang akan Membangun Kepribadian Anda, karya Judirman Djalimin. Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar