Cari Blog Ini

Selasa, 21 Agustus 2012

Tidak Semuanya Penting

Masih ingatkah engkau? Ketika engkau masih kecil, engkau akan mengambil karton bekas atau segenggam pasir dan membangun sebuah puri? Tampaknya, tak bisa dihindari. Orang lalu akan menghancurkannya. Hatimu terluka.

Namun, sekarang kita mengerti bahwa hal-hal seperti itu, yang terasa sangat menyakitkan ketika kita masih kecil, pada akhirnya tidak semuanya merupakan sesuatu yang penting. Dunia tidak akan kiamat, ketika puri pasir kita runtuh. 

Meski demikian, kita masih sangat takut dan cemas akan puri kerapuhan masa dewasa kita. Puri tersebut juga akan runtuh, karena hal itu tidak begitu penting dalam cahaya keabadian.

Butuh waktu untuk mendapatkan pemahaman tersebut. 

Kita dapat menjalani hari-hari kita seperti berjalan dalam lingkaran: dihantui ribuan hal dan yakin bahwa segalanya penting untuk kebahagiaan kita.

Atau, kita dapat berhenti sejenak dan membayangkan keabadian. Lalu, kita akan melihat betapa tidak pentingnya ribuan kekhawatiran yang mengacaukan pikiran dan menghantui jiwa kita. 

(Dari: Buku Bebaskan Hatimu - 30 Hari Bersama Mahaguru Spiritual Fransiskus dari Sales, editor serial John Kirvan. Penerbit Obor, 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar