Cari Blog Ini

Selasa, 04 Oktober 2011

Kegembiraan Sejati

Jika seorang datang dan berkata bahwa semua guru di universitas Paris bergabung dalam perkumpulan kita, atau seorang saudara kita telah mengubah orang-orang yang tidak percaya menjadi percaya, atau saya memiliki anugerah Ilahi sehingga saya dapat menyembuhkan orang sakit dan melakukan keajaiban – saya katakan itu semua bukanlah kegembiraan sejati.

Kegembiraan sejati adalah ketika saya kembali dari Perugia dan tiba di Portiuncula pada tengah  malam di musim dingin, di mana butiran es berkumpul di tepi jubah saya dan menyayat kaki sampai berdarah. 

Saya menuju pintu masuk biara, mengetuk dan berteriak minta dibukakan pintu. Tetapi seorang saudara yang ada di dalam tidak mengenali dan berkali-kali menolak membukakan pintu. “Pergi! Kamu orang tolol, idiot. Kami sudah punya banyak saudara di sini dan tak butuh satu lagi seperti kamu!” 

Jika saya dapat menjaga kesabaran saya melalui semua itu dan tidak cepat kecewa, maka itulah kegembiraan sejati.   

-                                                                                           - St. Fransiskus Asisi (1181-1226)

(Dari: Buku Sepanjang Tahun bersama Fransiskus – Meditasi Harian dari Perkataan dan Hidupnya, karya Murray Bodo. Penerbit Bina Media Perintis, 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar