Cari Blog Ini

Minggu, 17 April 2011

Tanpa Pemikiran

Dengan pemikiranku sendiri, aku tahu siapa benar dan siapa salah.
Aku tahu, siapa baik dan siapa jahat. 
Aku tidak mengasihi mereka yang kuanggap jahat.
Malah, terkadang aku membenci mereka.

Apakah itu salah? Mana aku tahu.
Sekarang aku tidak tahu lagi mana yang benar dan mana yang salah.
Apa yang membuatku berubah?

Pertama, kesadaran bahwa aku telah sepenuhnya membalikkan keyakinanku di masa lalu. Kedua, hal-hal yang dulu kuanggap harus kumiliki, ternyata tidak memuaskan. Begitulah kalau mengandalkan pemikiran sendiri.

Sekarang, aku memilih Tanpa Pemikiran - sikap menerima tanpa ego, yang disertai kedamaian dan ketenteraman.

(Dari: Buku Tao Pemulihan, karya Jim McGregor. Penerbit Lucky Publishers, 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar