Cari Blog Ini

Senin, 18 Mei 2015

Seni Teragung

Menjadi diri sendiri akan membuat kita hidup demi tujuan kita, dan bukan hidup atas persetujuan. Tujuan kita adalah yang terbaik yang bisa kita - di antara semua orang di dunia - lakukan. Jika kita tak melakukannya, jika kita tak jujur kepada diri sendiri, siapa yang akan melakukannya?

Jika kita tak melakukan apa yang harus kita lakukan, tak seorang pun bisa melakukannya. Tak ada yang melakukannya sampai kita bersedia memberikan bagian kita, sampai kita bersedia menjadi diri kita sendiri.

Kebanyakan orang takut akan tujuan hidup mereka sendiri dan keagungan yang tersirat dari tujuan itu. Ketika takut terhadap tujuan kita, kita takut terhadap cinta, hasrat, dan kebahagiaan kita sendiri.

Kebanyakan kita merasa tak berharga atau kita berusaha mengontrol perasaan nyaman kita. Ini hanyalah gejala ketakutan yang akan menyingkirkan kita dari kebenaran, visi, dan keagungan kita. 

Seni teragung, pemberian teragung, adalah menjadi diri kita sendiri. Dengan menjadi diri sendiri dalam segenap keagungan kita, kita menunjukkan betapa kita mencintai dunia. Ketika kita mengungkap kehadiran kita, kita memberikan persembahan terbaik yang bisa kita berikan kepada kehidupan.

Latihan

Hari ini, bayangkan Anda sedang melukis mahakarya yang indah. Mahakarya ini adalah Anda, potret hidup Anda. Menjadi diri Anda adalah menjadi seniman dengan tangan yang terinspirasi, cat dengan warna-warni sejati, dan sekaligus lukisannya. 

Seni teragung adalah menjadi diri sendiri. Berikanlah mahakarya diri Anda ini sebagai persembahan Anda bagi kehidupan.  

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar