Cari Blog Ini

Rabu, 13 Mei 2015

Cemburu adalah Balas Dendam pada Diri Sendiri

Cemburu adalah salah satu perasaan paling tidak menyenangkan yang bisa kita alami, karena kita melekatkan kebahagiaan kita pada perilaku orang lain. Ini tentu saja membuat kita pedih.

Cemburu adalah perpaduan ketergantungan, perasaan takut kehilangan, terluka, penolakan, rendah diri, tidak berharga, dan marah. Perasaan ini begitu menyakitkan, sehingga kita perlu membebaskannya.

Cemburu adalah bentuk pemerasan emosional, karena kita berusaha mengendalikan orang lain melalui perasaan kita yang kacau, terlepas apakah mereka mengetahui apa yang kita rasakan atau tidak. 

Jika kita rela melepaskan kriteria penilaian kita dari tindakan orang lain, kita akan membebaskan diri dari perasaan cemburu. Kita lalu akan mengenali bahwa mereka bersikap demikian bukan karena kebutuhan atau dorongan dari diri mereka sendiri. Begitu kita melepaskan situasi itu dan bergerak maju, situasi itu akan berubah dan terbuka secara alamiah.

Latihan

Hari ini, latihannya adalah melepaskan sesuatu. Anda bisa cemburu hanya jika Anda sedang bersaing untuk seseorang. Artinya, Anda percaya akan kehilangan dan Anda yang kehilangan.

Bersedialah untuk melepaskan keterikatan dan melangkah maju. Makin jauh Anda maju, makin besar Anda menemukan tempat di mana semua bisa menang dengan menemukan hubungan alami mereka.

Jika Anda sudah melepasnya dan bergerak maju, Anda akan lebih merasa damai dalam hubungan Anda. Jika dia bukan pasangan sejati Anda, Anda akan menemukan pasangan sejati Anda. Ini bukan berarti Anda mencampakkan orang tersebut atau lari dari situasi, melainkan melepaskan keterikatan Anda dari situasi yang menurut Anda seharusnya terjadi.  

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses hal. 252, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar