Cari Blog Ini

Kamis, 05 Maret 2015

Jujur pada Diri Sendiri

Ketika kita jujur pada diri sendiri, kita akan memiliki arah dan tujuan hidup yang alami. Kadangkala, orang-orang di sekeliling kita menjadi tidak nyaman saat kita jujur, sebab kejujuran kita membangunkan mereka.

Kejujuran kita membuat mereka tidak hidup nyaman di tempat mereka terjebak dalam peran dan tugas. Kendati kita membuat mereka tidak nyaman, sikap kita terhadap mereka tidak palsu. 

Dengan sungguh-sungguh berkomitmen terhadap diri kita sendiri, mustahil bagi kita untuk mengkhianati siapa pun, karena ketika kita bersikap jujur pada diri sendiri, kita bisa memperpanjang kejujuran itu ke orang lain. 

Latihan

Hari ini, simaklah berbagai area di mana Anda bisa lebih jujur terhadap diri Anda sendiri. Jika ada sesuatu yang sulit, artinya Anda tidak jujur pada diri sendiri. 

Penting untuk diingat, ketidakjujuran tak selalu pada apa yang Anda lakukan, tetapi juga bagaimana Anda melakukannya.

Kadangkala, bisa saja Anda melakukan sesuatu agar disetujui, yang tampaknya bermanfaat bagi Anda dalam jangka pendek, namun mengarah pada kegagalan dalam jangka panjang.

Pada area-area di mana Anda jujur pada diri sendiri, Anda menerima; dan selanjutnya segala sesuatu mengalir secara alami. Sekarang saatnya untuk jujur pada diri Anda sendiri. Dengan melakukannya berarti Anda bersikap jujur kepada semua orang.

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar