Cari Blog Ini

Kamis, 26 Februari 2015

Bekerja Terlalu Keras Sekarang, Artinya Belum Melepas Masa Lalu

Bekerja terlalu keras adalah kompensasi atas perasaan buruk. Sering kali kita menjadi begitu andal dalam pekerjaan kita, sehingga ketika bekerja, kita merasa kita adalah diri kita yang terbaik. 

Namun, gila kerja (workaholism) mengacu pada sesuatu dari masa lalu yang belum kita lepas. Ini artinya ada semacam penilaian, konflik, atau sakit hati; ada semacam perasaan lama yang masih kita pendam. 

Jika kita melepaskannya, secara alami kita akan menyeimbangkan situasi kerja kita di mana kita bekerja tidak berlebihan, dan memiliki keberanian untuk berurusan dengan perasaan apa pun yang muncul dalam diri kita. 

Kemauan kita untuk menemukan apa yang belum kita lepas itu dan melepaskannya, akan memungkinkan kita untuk bekerja secara lebih murni dan efektif.

Latihan

Hari ini, cobalah periksa situasi di mana Anda tampak bekerja terlalu keras, di mana hidup tampak seperti beban. Sadarilah bahwa ini adalah area di mana Anda belum melepaskan sesuatu, di mana Anda masih menyimpan duka. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah itu? Bersedialah melepaskannya sekarang.

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar