Cari Blog Ini

Minggu, 04 November 2012

Eksekutif dan Nelayan

Seorang eksekutif tengah berlibur di sebuah desa. Suatu siang ia bertemu dengan seorang nelayan yang sedang asyik bermain dengan kedua anaknya. Eksekutif ini bertanya, kenapa si nelayan tidak bekerja lebih keras, padahal hidupnya masih berkekurangan.

"Katakan, apa yang dapat saya lakukan," ujar nelayan.
"Belilah kapal yang lebih besar," kata si eksekutif, "Dengan demikian Anda bisa menangkap ikan lebih banyak."

Nelayan kembali bertanya, "Dengan tangkapan lebih banyak, apa yang dapat saya lakukan?"
"Juallah hasil tangkapan itu ke kota, Anda akan mendapat uang lebih banyak," lajut si eksekutif.
 "Lantas uang itu untuk apa?" tanya nelayan lagi.
"Dengan uang itu Anda dapat membangun rumah yang bagus dan menyekolahkan anak-anak hingga jadi orang pintar."
"Lantas, kalau saya sudah punya semua itu, apa yang akan terjadi?" 
"Dengan semua milik itu, Anda akan punya waktu luang yang banyak dan akan merasa bahagia," kata sang eksekutif.

Mendengar penjelasan itu, si nelayan malah tertawa terbahak-bahak. "Lantas, apa bedanya dengan saya sekarang? Sekarang pun saya punya waktu luang banyak dan sudah sangat bahagia!" 

(Dari: Buku Cherish Every Moment - Menikmati Hidup yang Indah Setiap Saat, karya Arvan Pradiansyah, Happiness Inspirator. Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar