Cari Blog Ini

Rabu, 07 September 2011

Orang Miskin dan Harta Karun

Dahulu ada seorang yang sangat miskin. Utangnya menumpuk, karena tak mampu membayar, ia lari ke desa. Di tepi jalan yang tak ada orang, ada sebuah peti harta. Di dalamnya terdapat banyak harta karun, tetapi di atas harta ada sebuah cermin.

Si miskin kebetulan lewat di jalan itu. Melihat kanan-kiri tak ada orang, ia mendekati peti dan membukanya. "Aku kaya sekarang!" seru si miskin dalam hati. Saat sedang bergembira, tiba-tiba ia melihat ke dalam cermin, ada 'orang!' Ia sangat terkejut dan meminta maaf kepada 'orang' itu. "Saya kira peti ini kosong, ternyata ada Anda di dalam. Jangan salah paham, saya tak bermaksud mengambil barang Anda," katanya.

Segera orang miskin itu kabur. Padahal, yang dilihatnya adalah bayangan dirinya sendiri di dalam cermin. Tetapi, karena ia tak mengenalinya, ia kehilangan harta yang sebenarnya bisa diambil begitu saja.

Jika tak dapat mengenali diri sendiri dengan baik, sekali pun menemukan kesempatan yang sulit didapat, tetap saja tak dapat menggenggamnya. Kenalilah diri sendiri, barulah dapat mengubah dunia. Bukalah mata, lihatlah keadaan yang sebenarnya. Bersihkanlah diri, rasakan, dan temukan jalan terang yang dapat membimbing diri sendiri dalam melangkahkan kaki dengan mantap dan menikmati kehidupan yang penuh kebahagiaan.

(Dari: Buku 200 Kisah Terindah Sepanjang Masa dari China, karya Din Man. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar