Cari Blog Ini

Jumat, 03 Juni 2011

Membuang Semua Penilaian

Tidak ada satu pun yang lebih menggembirakan seperti penyadaran. Akankah Anda cenderung memilih tetap hidup dalam kegelapan? Apakah Anda cenderung memilih bertindak dan tidak menyadari tindakan Anda, berbicara dan tidak menyadari kata-kata yang Anda ucapkan? Apakah Anda cenderung memilih mendengarkan dan tidak menyadari apa yang Anda dengar, atau Anda melihat sesuatu dan tidak menyadari apa yang sedang Anda lihat?

Socrates mengatakan, "Hidup yang tidak disertai kesadaran tentang hidup itu sendiri, tidaklah layak dihidupi." Hal itu merupakan kebenaran yang tak perlu dibuktikan lagi. 

Banyak orang tidak hidup dalam kehidupan yang disadari penuh. Mereka hidup dalam kehidupan yang seperti mesin, dengan pikiran seperti mesin, dengan emosi seperti mesin, dengan tindakan seperti mesin, dengan reaksi seperti mesin. 

Anda ingin melihat betapa miripnya Anda dengan mesin? "Oh, indah sekali kemeja yang Anda pakai!" Anda merasa senang mendengar ungkapan itu. Karena selembar kemeja, Anda merasa bangga dengan diri Anda. Yang biasanya terjadi adalah saya menekan "tombol," Anda naik; saya menekan "tombol lain," Anda turun. Dan Anda menyukai hal itu. Berapa banyak orang yang Anda kenal tidak terpengaruh oleh pujian atau kritik?

Anda mungkin sesuai dengan selera umum, kecenderungan umum, atau mode yang sedang berlaku. Tetapi apakah itu berarti Anda sudah oke? Apakah ke-oke-an Anda tergantung pada semua itu? Apakah ke-oke-an Anda tergantung apa yang dipikirkan orang-orang di sekeliling Anda mengenai Anda?

Buanglah semua hal terkait dengan yang oke dan semua hal terkait dengan yang tidak oke. Buanglah semua penilaian. Amatilah dan telitilah saja. Penemuan ini akan mengubah Anda, tanpa perlu melakukan usaha sekecil apa pun.

(Dari: Buku Awareness - Butir-Butir Mutiara Pencerahan, karya Anthony de Mello, S.J. Penerbit Gramedia, 1999)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar