Cari Blog Ini

Rabu, 01 Juni 2011

Kehampaan Spiritual

"Penyakit saya telah membantu saya melihat bahwa apa yang hilang dalam masyarakat adalah apa yang hilang dalam diri saya, yaitu sebuah hati kecil, hati penuh persaudaraan," ungkap Lee Atwater, konsultan politik dan ahli strategi Partai Republik Amerika Serikat.

Karier politik Atwater menanjak pesat. Ia menjadi penasihat Presiden Ronald Reagan dan Presiden George H.W. Bush, serta menjabat Ketua Komite Nasional Partai Republik. Tetapi belakangan ia mengatakan, yang benar-benar berarti bukanlah kekuasaan, kekayaan, atau kehormatan.

Atwater yang menderita tumor otak, menantang seluruh bangsa, "Tahun 1980-an saya mendapatkan segalanya lebih daripada kebanyakan orang. Anda dapat memperoleh semua yang Anda inginkan, tetapi masih merasa hampa. Perlu penyakit mematikan untuk membuat saya berhadapan dengan kebenaran itu. Saya tidak tahu siapa yang akan menuntun kita melewati tahun 1990-an, tetapi mereka harus bicara tentang kehampaan spiritual yang ada di hati masyarakat Amerika, tentang tumor jiwa."

Lee Atwater meninggal pada 29 Maret 1991 di usia 40 tahun. Ia mewarisi tema kampanye yang lebih bertahan lama: bertobatlah dan berubahlah.

(Dari: Buku Rangkaian Kisah Bermakna - 100 Cerita Bijak jilid ke-4, karya Brian Cavanaugh, T.O.R. Penerbit Obor, 2002) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar