Cari Blog Ini

Kamis, 15 Januari 2015

Rumput Tetangga Selalu Terlihat Lebih Hijau

Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau - berbicara tentang konspirasi ego kita, bagaimana konspirasi itu berusaha menjebak atau menunda kita. Ada dua jebakan umum berkaitan dengan konspirasi ini, keduanya membuat kita percaya bahwa kebahagiaan terletak di suatu tempat.

Jebakan pertama adalah ketika kita telah menjalin hubungan dengan pasangan kita selama beberapa lama, tiba-tiba muncul seseorang yang baru dan tampak lebih menarik. Nah, jika kita berada dalam adu kekuatan bersama pasangan kita atau sedang mengatasi zona mati, siapa pun bisa tampak lebih menarik.

Betapa pun, tahap pertama dalam hubungan adalah tahap romansa, sehingga siapa pun yang baru akan tampak lebih menarik. Tentu saja, jika kita terus-menerus dengan orang baru ini, akhirnya kita pun akan sampai pada adu kekuatan dan zona mati dengannya juga.

Jebakan umum kedua adalah ketika kita tengah menjalin hubungan dengan seseorang, namun kita memikirkan orang lain yang berhubungan dengan kita di masa lalu. Kita memimpikannya dan, sebagai konsekuensinya, hubungan kita yang sekarang menjadi hambar. Dalam kasus ini, kita kemudian jalan terus. Tetapi, kita tetap berkhayal tentang hubungan yang telah berlalu.

Kunci terhadap kedua jebakan ini adalah bahwa kita mengira kebahagiaan kita berada di tempat lain. Ego bekerja untuk menjebak dan menghalangi kita dari kebahagiaan sekarang.

Latihan

Hari ini, cobalah menghargai situasi di mana Anda sekarang berada. Sungguh-sungguh hargai pasangan Anda dan segala sesuatu tentang hidup Anda. Dengan integritas, Anda bisa menikmati hubungan dengan siapa pun yang menarik di sekitar Anda, tanpa kehilangan kebahagiaan Anda sekarang. Jangan jatuh ke dalam jebakan dengan berpikir bahwa rumput di tempat lain lebih hijau.

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar