Cari Blog Ini

Selasa, 06 Januari 2015

Komitmen Berarti Jujur pada Diri Sendiri

Hanya ketika kita berkomitmen, kita benar-benar mulai mengerti siapa diri kita. Ketika kita berkomitmen, kita memberikan diri kita sedemikian banyak, sehingga kita mulai mengetahui esensi sejati kita dan apa yang benar-benar berarti bagi kita.

Pemahaman ini datang, bukan dari menghambat diri sendiri dan mengeluh, tetapi dengan memberi lebih dari yang disebutkan dalam kontrak - melangkah melampaui panggilan tugas dan apa yang diharapkan dari kita.

Komitmen berarti bersikap jujur pada diri sendiri, mengenal kekayaan dan kedalaman keberadaan diri kita. Kita mengenali diri kita yang terbaik.

Latihan

Hari ini, ingatlah saat Anda merasa telah memberikan diri Anda seratus persen, tanpa pamrih, saat Anda meretas batas Anda sendiri. Kembalilah pada situasi itu. Hayati perasaan-perasaan yang muncul saat itu. Segala sesuatu tampak seperti apa di sana? Nikmatilah momen itu. 

Sekarang, bawalah perasaan itu pada situasi Anda saat ini. Apa yang sekarang ingin Anda lakukan secara berbeda? Seberapa banyak Anda ingin memberikan diri Anda dalam situasi ini? 

Perasaan bahagia yang muncul ketika Anda memberikan diri Anda secara total bisa menjadi milik Anda. Pemberian secara total akan membuka karunia dan sumber-sumber daya yang tersembunyi. Itulah bahan-bahan yang membentuk keajaiban.  

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar