Cari Blog Ini

Senin, 10 November 2014

Keluhanku adalah Serangan Langsung pada Diriku

Setiap kali kita mengeluh, kita mengatakan kita tidak punya kekuatan untuk mengubah keadaan. Tentu saja hal itu tidak benar, karena kita punya kekuatan besar untuk bertindak.

Ketika kita mengeluh, kita membuat diri kita kecil. Ada risiko yang takut kita hadapi, dan ada beberapa tindakan yang tidak kita lakukan padahal kita perlu melakukannya. 

Ketika kita mengeluh, kita menjadi bagian dari masalah. Kita seakan berkata, "Masalah ini nyata dan saya terperangkap di dalamnya. Saya tak dapat melakukan apa-apa." Justru sebaliknya!

Latihan

Hari ini, lihatlah bagaimana Anda dapat melakukan perubahan.
Tahan diri sebelum mengeluh. Daripada mengeluh, lebih baik Anda melangkah maju untuk mendekati seseorang, memaafkan seseorang, atau melakukan tindakan tertentu yang dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Perhatikan keluhan yang Anda ucapkan dan yang ada di dalam pikiran Anda. Seperti yang ditulis Edward E. Cummings (1894-1962) - penulis puisi, pelukis, dramawan asal Amerika Serikat - dalam sajaknya, "Lebih baik aku belajar menyanyi pada seekor burung daripada mengajari sepuluh ribu bintang untuk tidak menari."  

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar