Cari Blog Ini

Sabtu, 15 November 2014

Emosi Negatif dan Saat Ini

Sebagian besar emosi negatif tak ada kaitan dengan kehidupan kita saat ini. Kita biasanya menyimpan semua perasaan yang tidak berani kita tuntaskan, lalu menciptakan pengalaman di dalam hidup kita saat ini yang memberi kesempatan bagi kita untuk melepaskan emosi masa lalu.

Seandainya kita melihat lebih dalam lagi, kita akan menyadari bahwa sebagian besar rasa sakit yang kita alami tidak ada kaitannya dengan keadaan saat ini. Rasa sakit yang dialami saat ini hanyalah secuil dari yang dibutuhkan untuk memicu perasaan yang telah kita simpan dalam jangka waktu lama. Kita perlu mengeluarkan perasaan-perasaan ini, agar kita menjadi lebih terbuka dan dapat menerimanya. 

Jika dibiarkan terpendam, perasaan-perasaan tersebut akan membusuk di dalam diri kita dan menjadi racun, merusak kesehatan dan semangat kita untuk menikmati hidup dan hubungan kita.

Latihan

Hari ini, cermatilah lebih dalam salah satu konflik yang Anda alami. Sadarilah bahwa konflik ini ditimbulkan oleh situasi lama yang membawa emosi yang tak pernah Anda tuntaskan. Entah Anda masih bersentuhan atau tidak dengan situasi lama itu, cobalah hayati perasaan ini sampai benar-benar hilang.

Bersedialah menerima bahwa pasangan Anda atau orang lain di sekitar Anda bukan penyebabnya. Mereka sebenarnya membantu Anda untuk menciptakan penyembuhan bagi diri Anda sendiri. Mereka membantu Anda menjadi lebih terbuka kepada kehidupan, sehingga Anda dapat menerima dan menikmati kebahagiaan Anda. 

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar