Cari Blog Ini

Selasa, 17 Desember 2013

Tidak Memihak

Pangeran Ping bertanya kepada Qi Huang Yang, "Seorang pejabat pengadilan diperlukan di daerah Nanyang. Menurutmu, siapa yang harus saya pilih untuk menduduki posisi ini?"

"Mintalah Xie Hu. Ia orang yang paling tepat. Saya yakin, ia dapat melakukan pekerjaan ini," jawab Huang Yang tanpa ragu. 

"Bukankah Xie Hu adalah musuhmu? Mengapa kau merekomendasikan dia?" tanya Pangeran Ping lagi.

"Pangeran bertanya kepada saya siapa yang dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik, bukan bertanya apakah Xie Hu adalah musuh pribadi saya atau bukan!"

Pangeran Ping menunjuk Xie Hu menjabat di daerah Nanyang. Xie Hu memberi banyak sumbangan kepada kesejahteraan masyarakat setempat. Mereka semua memujinya.

Setelah beberapa waktu, Pangeran Ping kembali bertanya kepada Huang Yang, "Ada posisi hakim yang kosong di pengadilan kerajaan. Menurutmu, siapa yang dapat mengisi posisi ini?"

"Qi Wu akan melakukan pekerjaan dengan baik."

Pangeran Ping sekali lagi berpikir, ini adalah jawaban yang ganjil. "Bukankah Qi Wu adalah putramu?"

"Pangeran bertanya kepada saya siapa yang dapat menduduki posisi ini, maka saya merekomendasikannya. Pangeran tidak bertanya, apakah dia putra saya atau bukan!"

Pangeran Ping kemudian menunjuk Qi Wu untuk menduduki posisi tersebut. Setelah ia menjadi hakim, Qi Wu melakukan pekerjaanya dengan baik dan rakyat menerima dia dengan gembira.

Ketika Confucius mendengar tentang dua kejadian itu, ia memuji Qi Huang Yang, katanya, "Perkataan Huang Yang sungguh luar biasa! Ketika ia membuat rekomendasi, ia menggunakan jasa sebagai satu-satunya standar. Ia tidak menarik dukungannya karena prasangka. Ia juga tidak takut terhadap kritik, sehingga ia menarik rekomendasi bagi putranya. Orang seperti Qi Huang Yang benar-benar tidak memihak!" (Chinese Allegories Tales)

Menjaga kemurnian hati merupakan hal yang tidak mudah. Orang cenderung mencari keuntungan dan posisi aman bagi dirinya sendiri, yang menghalanginya untuk bisa bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan.

(Dari: Buku 100 Kisah Karakter - Ilustrasi & Renungan yang Membangun Iman Anda, karya Djohan Handojo. Penerbit Light Publishing, 2013) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar