Cari Blog Ini

Sabtu, 29 September 2012

Tetes-Tetes Keberanian

Suatu hari, saya sedang berjalan-jalan di Irlandia. Saya berhenti untuk menanyakan kepada seorang petani, berapa jauh jarak ke Cork. "Sekitar setengah mil perjalanan," katanya.

Saya berjalan setengah mil, kemudian terus berjalan.... Tanpa disadari, saya telah menempuh 12 kali jarak yang diperkirakan petani itu untuk mencapai Cork. Ketika kembali sore harinya, saya bertemu lagi dengan petani tadi. "Apa maksud Anda mengatakan kepadaku bahwa jarak ke Cork hanya setengah mil?" tanya saya. "Ternyata jaraknya 6 mil," lanjut saya.

"Saya memberitahu Anda jarak ke sana setengah mil supaya Anda berani memulai perjalanan," ujarnya. "Seorang lain akan memberitahu Anda setengah mil berikutnya, dan seterusnya. Di Irlandia kami selalu ingin meringankan perjalanan orang asing dengan memberikan kepadanya tetes-tetes keberanian. Yakinlah, tidak akan ada seorang pun yang mau berjalan sejauh itu dalam cuaca panas seperti ini, jika ia tahu berapa sesungguhnya jarak yang harus ditempuh untuk mencapai tujuannya," si petani menjelaskan. (Leonard Feeney)

(Dari: Buku 1500 Cerita Bermakna jilid ke-3, karya Frank Mihalic, SVD. Penerbit Obor, 2008) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar