Cari Blog Ini

Minggu, 02 September 2012

Menghargai dengan Lebih Baik

Seorang filsuf, keliru menggunakan palu, mencederai salah satu ibu jarinya. "Kejadian yang buruk," kata temannya. Tetapi sang filsuf menanggapi, "Sama sekali tidak buruk, justru hal terbaik yang pernah terjadi atas diri saya. Kejadian  ini mengajarkan saya untuk menghargai ibu jari saya. Sesuatu yang tidak saya sadari sebelumnya. Setelah ibu jari saya terluka, saya hitung ada 257 hal yang saya lakukan dengan ibu jari saya setiap hari dalam hidup saya, tanpa berpikir. Sekarang saya sadar, sesungguhnya ibu jari tak terpisahkan dari saya."

Sering kali kita tidak menghargai anugerah-anugerah paling sederhana dalam hidup kita, sampai kita kehilangan semua itu. Mungkin baik jika segala sesuatu yang kita miliki lenyap untuk beberapa waktu, kemudian kita mendapatkannya kembali. Dengan demikian kita akan menghargai hal-hal yang hilang itu dengan lebih baik. (Sunshine)

(Dari: Buku 1500 Cerita Bermakna jilid ke-3, karya Frank Mihalic, SVD. Penerbit Obor, 2008)  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar