Cari Blog Ini

Rabu, 19 September 2012

Kebebasan yang Mengikat

Saya mempunyai seutas senar gitar di atas meja. Senar itu bebas bergerak ke arah mana pun yang saya sukai. Jika saya menyentuh salah satu ujungnya, senar itu bereaksi. Ia bebas.

Tetapi, senar itu tidak bebas untuk menghasilkan irama musik. Maka, saya mengambil dan memasangnya pada gitar. Saya mengikat senar itu dan menyetelnya. Hanya ketika senar diikat sedemikian rupa pada gitar dan saya memainkannya, senar itu dapat menghasilkan irama musik.

Begitu pula tanaman seperti tomat dan cabai perlu diikat pada tambatan, agar tidak rebah ke tanah serta cukup mendapat udara dan sinar matahari. Tambatan itu memang mengikat, namun pohon tomat dan cabai bebas bertumbuh.

Ada yang mengartikan situasi seperti itu sebagai "kebebasan yang mengikat" - sesuatu yang menambat kebebasan Anda, namun Anda tetap bebas bertumbuh. (Rabindranath Tagore; 1861-1941; penyair, penulis, komposer, dramawan, pelukis asal India) 

(Dari: Buku 1500 Cerita Bermakna jilid ke-3, karya Frank Mihalic, SVD. Penerbit Obor, 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar