Cari Blog Ini

Jumat, 10 Februari 2012

Melatih Pikiran

Pikiran Anda menentang Anda setiap saat. Pikiran tidak terlatih untuk mendengarkan. Seluruh tubuh kita terlatih untuk berbicara. Rentang perhatian yang normal hanyalah 45 menit. Setelah 45 menit, kemampuan pikiran untuk menangkap akan berkurang.

Seperti bagian-bagian tubuh yang lain, pikiran pada awalnya tidak ingin dilatih. Seseorang yang belum pernah berolah raga, lebih suka minum minuman keras satu sloki daripada mulai berlatih. Tetapi, begitu dia mulai berlatih, dia lebih suka mati daripada harus berhenti berlatih.

Ketika Anda melatih pikiran Anda untuk pertama kali, pikiran itu cenderung mengunci diri, dan Anda akan tertidur. Seolah-olah saat itu alam semesta tengah menentang Anda. Begitu pikiran diberi kebebasan dan kemerdekaan yang telah diingkarinya sejak masa kanak-kanak, ia tak ingin berhenti.Dan percabangan-percabangan itu terasa di seluruh aspek kehidupan Anda.

Sebagian besar dari kita menjalani kehidupan sambil tidur berjalan. Jika sepertiga dari kehidupan Anda dihabiskan untuk tidur, Anda hanya memiliki dua pertiganya untuk bekerja. Masalahnya, ketika Anda berpikir bahwa Anda terjaga, Anda bisa - sesungguhnya - tertidur.

(Dari: Buku Dalam Dunia Keheningan, karya Vijay Eswaran. Penerbit Buana Ilmu Populer, 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar