Cari Blog Ini

Minggu, 01 Mei 2011

Botol Kosong

Seorang wanita pergi ke dokter dengan daftar keluhan tentang kesehatannya. Dokter memeriksa dengan teliti dan yakin tidak ada yang tidak beres dengan kondisi fisik wanita itu. Dokter menduga, pandangan negatif tentang kehidupan yang menyebabkan wanita itu merasa tidak sehat.

Dokter yang bijak itu lalu mengajak pasiennya ke ruang belakang, tempat ia menyimpan berbagai obat. Ia memperlihatkan lemari yang berisi botol-botol kosong. Katanya, "Lihat botol-botol ini. Semuanya kosong. Bentuk mereka berbeda-beda, tetapi pada dasarnya semua sama. Mereka tidak menyimpan apa-apa di dalamnya. Saya bisa mengambil salah satu dari botol-botol ini dan mengisinya dengan racun untuk membunuh seseorang. Atau, saya bisa mengisi botol dengan obat secukupnya untuk menyembuhkan penyakit. Yang penting, sayalah yang membuat pilihan."

Dokter itu lalu menatap wanita tersebut dan berkata, "Setiap hari yang diberikan kepada kita, pada dasarnya sama seperti salah satu dari botol kosong ini. Kita dapat memilih mengisinya dengan cinta kasih dan pikiran-pikiran positif atau mengisinya dengan pikiran-pikiran beracun yang menghancurkan. Pilihannya ada pada kita."

(Dari: Buku Rangkaian Kisah Bermakna - 100 Cerita Bijak jilid ke-3, karya Brian Cavanaugh, T.O.R. Penerbit Obor, 2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar