Cari Blog Ini

Kamis, 05 Mei 2011

Melepaskan Keegoisan

Untuk menjadi lebih mendalam, lepaskanlah keegoisan Anda. Lepaskanlah upaya-upaya Anda untuk menjadi sempurna atau kaya atau tenteram atau dikagumi. Upaya-upaya itu hanya akan membatasi Anda. Upaya-upaya itu menghambat keuniversalan Anda.

Melepaskan ibarat mati. Segalanya muncul, terbentuk, dan mati. Anda pun demikian. Kalau Anda mati, Anda lepaskan keegoisan. Anda menjadi satu dengan segala yang lain.

Betapa pun, batin saya tahu bahwa saya satu dengan segala yang lain. Semua ciptaan adalah suatu keutuhan tunggal yang bekerja menurut prinsip tunggal. 

Saya biarkan keegoisan saya pergi dan saya lepaskan ilusi sebagai ciptaan yang terpisah. Saya bertindak atas nama keseluruhan yang utuh. Saya tidak bertentangan dengan siapa pun. Saya damai dan tidak kehabisan energi, karena saya tidak melawan apa yang sedang terjadi.

Kematian tidaklah menakutkan, karena saya tahu bagaimana caranya melepaskan, dan saya tahu sifat dari Kekekalan. 

(Dari: Buku Tao Kepemimpinan, karya John Heider. Penerbit Lucky Publishers, 2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar