Cari Blog Ini

Senin, 13 Oktober 2014

Penyakit Milenium Baru

Kondisi kehidupan di zaman modern ini menelan margin, yaitu ruang antara beban kita dan batas-batas kita. 

Kondisi kehidupan yang tidak bermargin tercermin dalam contoh berikut: Anda terlambat 30 menit dari jadwal Anda bertemu dokter, karena Anda terlambat 20 menit keluar dari salon. Hal itu terjadi akibat Anda terlambat 10 menit mengantar anak-anak ke sekolah, mobil Anda kehabisan bensin, dan Anda lupa membawa dompet.

Kehidupan tanpa margin tampak ketika Anda harus menangani bayi yang sedang menangis, sekaligus menjawab telepon yang berdering. Atau, Anda diminta mengangkat beban yang lebih berat dari batas beban yang mampu Anda angkat.

Zaman kita dapat digambarkan sebagai zaman yang dipenuhi stres. Hal ini merupakan kejutan tak menyenangkan, padahal kita memiliki begitu banyak kelebihan. Kemajuan zaman memberi kita kemakmuran, pendidikan, teknologi, hiburan, dan kenyamanan yang tak ada di zaman-zaman sebelumnya.

Kalau begitu, mengapa banyak di antara kita merasa seperti menjadi para pengawas lalu lintas di udara yang kehilangan kendali? Agaknya kita tidak berkembang seperti yang diharapkan, sejalan dengan banyaknya kemudahan yang ada di zaman modern.

Gaya hidup tak bermargin merupakan penemuan yang relatif baru, salah satu gagasan yang paling tidak masuk akal dari kemajuan zaman. Tak seorang pun kebal. Penyakit ini tak hanya menyerang kalangan sosio-ekonomi tertentu atau tingkat pendidikan tertentu. Bahkan orang-orang dengan kehidupan iman yang dalam pun tidak dapat menghindarinya. Rasa sakitnya menyerang siapa saja tanpa kecuali - setiap orang bisa kena.

Kehidupan yang tak bermargin bisa diobati, dan kesehatan Anda mungkin bisa dipulihkan. Seberapa besar kehidupan tak bermargin (berkelebihan beban) yang masih bisa diterima dalam kehidupan Anda? 

Sebagian orang menikmati kehidupan yang dipicu stimulasi tinggi untuk mengerjakan berbagai tugas terus-menerus. Sebagian orang lain lebih suka laju kehidupan yang lebih tenang dan bisa dikendalikan. 

Setelah Anda memahami kecenderungan Anda, usahakanlah tetap berada dalam jangkauan toleransi kemampuan Anda. Jika Anda melampauinya, Anda akan berada pada titik berbahaya yang dapat mengakibatkan keletihan.

(Dari: Buku A Minute of Margin - Mengembalikan Keseimbangan kepada Hidup yang Sibuk, karya Richard A. Swenson, M.D. Penerbit CV Pionir Jaya, 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar