Cari Blog Ini

Kamis, 07 Agustus 2014

Yang Kutentang dari Orang Lain adalah Yang Kutentang terhadap Diri Sendiri

Yang tidak kita sukai pada orang lain adalah yang tidak kita sukai dalam diri kita sendiri. Pertentangan kita memperlihatkan kepada kita apa yang terjadi di dalam alam bawah sadar kita; dan menunjukkan apa yang kita nilai tentang diri kita sendiri dan terkubur di dalam.

Kita menolak sebagian dari diri kita dan kemudian memproyeksikannya kepada orang lain. Jika kita bersedia menghentikan pertentangan ini dan memahaminya, orang lain akan terlihat berubah di mata kita. Kita lalu akan menemukan bahwa kita dan orang lain itu maju bersama.

Latihan

Hari ini, cermati pertentangan Anda terhadap orang lain. Bersedialah untuk mengakui bahwa pertentangan Anda sebenarnya adalah sebagian dari Anda menentang bagian diri Anda yang lain. Kenali bagian Anda yang telah terkubur ini. Rasakan keberadaannya di dalam diri Anda dan teruslah akui sampai ketidaknyamanan Anda bergerak menjadi penerimaan. Begitu Anda menerimanya, Anda akan merasa bebas, demikian juga orang lain.

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses hal. 307, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar