Cari Blog Ini

Kamis, 14 Agustus 2014

Masalah Besar atau Kecil?

Seekor jerapah betina dewasa akan melahirkan anaknya setelah hamil sekitar 15 bulan. Umumnya bayi jerapah lahir dengan berat 70 kg dan tinggi kira-kira 1,5 meter. 

Induk jerapah melahirkan bayinya dalam posisi berdiri. Bayi jerapah jatuh dengan keras dari ketinggian sekitar 2 meter, mendarat ke tanah dengan bagian belakangnya.

Ketika bayi jerapah yang baru lahir berusaha berdiri dengan baik, induk jerapah akan menendang tubuh bayinya. Tendangan ini membuat bayi jerapah terpelanting beberapa meter. Pada saat bayi jerapah berusaha kembali untuk berdiri karena kaki-kakinya masih lemah, sang induk sudah bergerak ke belakang bayinya dan kembali menendangnya.

Hal tersebut dilakukan berpuluh kali, sampai bayi jerapah berhasil berdiri dengan kaki-kaki kuat dan kokoh. Mengapa induk jerapah melakukan tindakan yang kelihatannya keras dan kejam itu?

Jerapah dewasa benar-benar sadar, untuk dapat bertahan hidup di alam liar bayinya harus cepat belajar berdiri dan berjalan dengan kaki-kakinya sendiri. Kalau tidak, bayi jerapah akan mudah diserang dan dimangsa binatang-binatang buas di sekitarnya.

Menurut suatu survei, hanya sekitar 30-50% bayi jerapah yang bisa bertumbuh sampai dewasa. Umumnya seekor jerapah bisa bertahan hidup sampai usia 28 tahun di alam liar.

Sering kali kita mendengar orang-orang mengeluh akan hidup yang begitu keras dan menyiksa, sehingga mereka tak kuat dan tak tahan lagi. Banyak orang mengalami berbagai masalah yang dianggap berat seperti kendala dalam studi, percintaan, keluarga, pekerjaan, usaha, perekonomian, dan sebagainya. Sebagian dari mereka mengaku tidak sanggup mengatasi masalah-masalah hidup, sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Masalah-masalah yang kita hadapi dalam hidup adalah masalah-masalah biasa. Ketika Anda menganggap suatu masalah itu besar, berarti Anda sedang memposisikan diri Anda menjadi kecil. Sebaliknya, jika Anda bisa memposisikan diri Anda jauh lebih besar daripada masalah yang dihadapi, maka masalah tersebut tampak kecil atau biasa. 

(Dari: Buku Pembelajaran Moral dari Sifat Binatang - 50 Tip Motivasi dari 10 Binatang yang akan Membangun Kepribadian Anda!, karya Judirman Djalimin. Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2010) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar