Cari Blog Ini

Senin, 25 Agustus 2014

Penolong yang Pernah Kehilangan Harapan

Anda pernah menyaksikan acara televisi America's Most Wanted? Acara yang mulai ditayangkan sejak 1988 ini sangat bermanfaat, karena telah berhasil menangkap lebih dari 1.100 penjahat. Ternyata pembuatan acara televisi itu dilatarbelakangi kisah tragis yang dialami John Walsh, produsernya.

Awalnya John adalah seorang pengusaha hotel mewah yang sangat sukses dan kaya. Semua berubah, ketika Adam Walsh, putra sulungnya yang berumur 6 tahun, diculik penjahat yang mungkin ingin memeras harta John. Polisi melakukan pencarian selama dua minggu. Adam Walsh berhasil ditemukan, tetapi dalam keadaan tidak bernyawa lagi.

Kejadian itu membuat kehidupan John berantakan. Ia tidak bersemangat lagi merawat diri, menjadi pecandu alkohol, bercerai dengan istrinya, usaha perhotelannya bangkrut, dan rumahnya disita.

Psikiater yang menanganinya bertanya, "Anda selalu berpikir untuk bunuh diri?" John menjawab, "Semua yang ada pada diri saya sudah tidak ada lagi. Putra saya dibunuh, saya diceraikan istri saya, bisnis hotel saya hancur, tidak punya rumah. Apa lagi yang bisa saya harapkan dari dunia ini?"

Psikiater itu menyemangatinya, "Anda masih punya kemampuan berbicara yang baik. Mengapa Anda tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk membantu anak-anak yang hilang? Mungkin Anda bisa mencegah tindak kejahatan seperti yang pernah Anda alami."

Nasihat singkat itu akhirnya menyadarkan John. Ia kembali memiliki tujuan hidup yang berguna bagi banyak orang, terutama mereka yang tinggal di negara bagian Florida, Amerika Serikat.

John merancang sekaligus menjadi produser acara televisi America's Most Wanted. Lewat acara ini, banyak penjahat berhasil ditangkap serta lebih dari 50 anak yang hilang dan diculik dapat diselamatkan.

Semua orang tentu pernah mengalami masalah, tantangan, dan pencobaan dalam hidup. Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami suatu masalah cukup besar yang membuat kita kehilangan arah dan semangat hidup.

Tetapi, itu bukanlah akhir dari segalanya. Setiap masalah pasti memiliki hikmah dan pelajaran tersendiri yang bisa membuat kita semakin dewasa dan bijaksana dalam menghadapi kehidupan.

(Dari: Buku Pembelajaran Moral dari Sifat Binatang - 50 Tip Motivasi dari 10 Binatang yang akan Membangun Kepribadian Anda!, karya Judirman Djalimin. Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2010)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar