Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juni 2012

Menghentikan Arus Dunia


Batin yang digerakkan oleh arus dunia tidak mengenal Roh Kebenaran. Ketika arus dunia dalam diri kita berhenti - indra, pikiran, dan emosi yang bergerak terpecah-pecah, Roh Kebenaran datang. 

Roh Kebenaran datang sendiri sebagai berkah di padang gurun kekosongan batin. Ia tidak bisa dikenali atau didekati. Ia sendiri yang mendekati. Ia sendiri yang bisa menunjukkan wajah-Nya, sehingga dapat dilihat tanpa objek yang terlihat. Maka, berlatih melepaskan diri dari dominasi indra, pikiran, dan emosi akan menolong untuk menyentuh tubuh rohani di dalam.

Anda bisa berlatih menghentikan gerak arus dunia kapan saja dan di mana saja. Saat Anda merasa terjebak pada tubuh fisik, pikiran, dan emosi, saat itu yang terbaik bagi Anda untuk berhenti. 

Latihlah kesadaran murni Anda dengan pendarasan kata-kata berikut seirama napas Anda:

Tubuh (mata, telinga, hidung, lidah, tangan, kaki, dst) ini bukan aku
Aku bukan tubuh ini
Aku tidak terjebak pada tubuh ini
Aku hidup tanpa batas
Dalam Roh Kristus Tuhan.

Pikiran (penilaian, pembenaran, pembandingan, dst) ini bukan aku
Aku bukan pikiran ini
Aku tidak terjebak pada pikiran ini
Aku hidup tanpa batas
Dalam Roh Kristus Tuhan.

Perasaan (luka, benci, kacau, damai, gembira, dst) ini bukan aku
Aku bukan perasaan ini
Aku tidak terjebak pada perasaan ini
Aku hidup tanpa batas
Dalam Roh Kristus Tuhan. 

(Dari: Buku Revolusi Batin adalah Revolusi Sosial, karya J. Sudrijanta, S.J. Penerbit Kanisius, 2009) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar