Cari Blog Ini

Kamis, 07 Juni 2012

Kecemasan Mencari

Jangan biarkan kecemasan merusak pencarianmu akan Allah. Engkau tahu betul, ketika engkau mencari sesuatu dengan terlalu cemas, engkau dapat saja menemukannya beberapa kali tanpa pernah melihatnya.

Kecemasan dapat menyamar sebagai energi batin sejati, bahkan kecemasan itu membebani pikiran, mengeringkan antusiasme, dan mematikan jiwa.

Kecemasan seakan-akan menggerakkan jiwa kita, namun yang dilakukannya sebenarnya adalah mengerdilkan jiwa. Kecemasan menekan kita hingga tersandung oleh kaki sendiri.  

Kita harus waspada terhadap tipu daya ini, yang membuat kita percaya bahwa kehidupan rohani kita bergantung sepenuhnya dari usaha kita - semakin kita panik, semakin kita cemas dalam pencarian, makin besar kemungkinan kita menemukan Allah.

Biarkan Allah melakukan bagian-Nya. Bersabarlah. Usaha terbaik kita pun tidak membuat kita lebih diberkati Allah. Peran kita adalah bersiap-siap, untuk menerima karunia Allah dengan hati terbuka - dengan hati-hati, rendah hati, dan dalam keheningan.

(Dari: Buku Bebaskan Hatimu - 30 Hari Bersama Mahaguru Spiritual Fransiskus dari Sales, editor serial John Kirvan. Penerbit Obor, 2012) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar