Cari Blog Ini

Sabtu, 23 Juni 2012

Bertahan

Ada saat-saat aku merindukan hidup seratus tahun lagi bagi Tuhan, ketika tidak mengalami kesengsaraan dan penderitaan yang terlalu berat. Kadang, bila kesempatan-kesempatan datang, ada kesungguhan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Tetapi, aku tidak bisa mengatakan bahwa keinginan tersebut tetap ada padaku, karena kadang jiwaku berubah menjadi pengecut menghadapi masalah-masalah kecil dan terlalu takut untuk melakukan pekerjaan apa pun bagi Tuhan.

Apakah hal seperti ini tidak terjadi pada Anda?

Kadang aku merasa sangat terpojok bila menghadapi pencobaan. Hari berikutnya aku merasa bahwa aku agak terikat dengan hal-hal yang pada hari-hari sebelumnya aku tertawakan, dan aku hampir tak mengenali diriku sendiri.

Suatu hari aku merasa sangat bersemangat dan mau melakukan apa pun untuk Tuhan. Hari berikutnya aku tidak ingin membunuh seekor semut pun, jika kebetulan bertemu. Ada pula hari-hari di mana tidak ada ucapan orang yang membuat aku tersinggung. Tetapi ada hari-hari tertentu hanya dengan satu kata, menyebabkan aku merasa sangat terpukul sehingga aku ingin lari dari dunia.

Engkau tahu, Tuhan, bagaimana semuanya itu terjadi.

Kasihanilah aku. Bantulah, agar aku bisa mewujudkan sebagian impianku demi keagungan dan kemuliaanMu. Janganlah menelantarkan aku sepenuhnya, sebab hanya oleh kekuatanMu aku dapat bertahan; tanpa Engkau, ya Tuhan, aku tidak dapat berbuat apa-apa. 

(Dari: Buku Jangan Biarkan Apa pun Mengganggumu - 30 Hari Bersama Mahaguru Spiritual Teresa dari Avila, John Kirvan - editor serial. Penerbit Obor, 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar