Cari Blog Ini

Minggu, 20 April 2014

Perilaku Bukan Cinta Menandakan Dibutuhkannya Cinta

Sadarkah kita akan berbagai perilaku yang diperlihatkan orang-orang di sekitar kita? Manakah yang menunjukkan cinta atau kasih sayang? Mana yang tidak?

Perilaku yang tidak menunjukkan cinta sesungguhnya merupaka tanda kebutuhan akan cinta. Jika muncul serangan khusus yang ditujukan kepada kita, itu tanda dibutuhkannya cinta kita. Tunjukkanlah kerelaan kita untuk menanggapi perilaku seperti itu bukan dengan mempertahankan diri, melainkan dengan menghampiri si penyerang dan memberi bantuan.  

Ada orang yang terperangkap dalam kebekuan, ada pula yang terlibat dalam serangan. Cobalah ingat kembali bagaimana rasanya ketika kita membutuhkan bantuan dan ingin berteriak minta tolong, tetapi tidak dapat menyuarakannya. Demikian pula mereka yang menyerang kita. Sebenarnya mereka ingin berteriak minta bantuan kita dan mengharapkan cinta kita. Jika kita memandang dan mencermati sekitar kita, kita akan melihat ke mana kita terpanggil untuk memberikan tanggapan, menghampiri, dan memberi bantuan.

Latihan
Ingatlah orang-orang yang paling banyak menyerang Anda dalam hidup Anda. Bayangkan mereka hadir di sini bersama Anda. Kemudian Anda menghampiri mereka, menyadari bahwa serangan mereka merupakan panggilan bagi Anda untuk memberikan bantuan tertentu. 

Bantuan apa yang mereka butuhkan dari Anda? Bagaimana Anda membantu mereka? Apakah Anda terinspirasi untuk berbicara dengan mereka atau memberikan sesuatu?

Saat membantu mereka, Anda dapat melihat bahwa orang-orang inilah yang memiliki jawaban atas persoalan Anda, kalau bukan saat ini mungkin di kemudian hari. Meskipun tidak secara langsung terkadang dengan cara tertentu mereka mencerminkan bagian dari pikiran Anda, sehingga dengan menolong mereka sebenarnya Anda menolong diri sendiri.

(Dari: Buku Kalau Sakit, Bukan Cinta - 366 Rahasia Hubungan yang Sukses, karya Chuck Spezzano, Ph.D. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar