Cari Blog Ini

Senin, 01 Juli 2013

Hari Baik

Banyak orang saat menentukan akan menikah, membuka usaha baru, atau bepergian - mencari hari, bulan, dan tahun yang "baik." Pada hari "baik" itu, diharapkan segala sesuatu akan berjalan lancar, sesuai keinginannya.

Baik atau tidak baik dan beruntung atau tidak beruntung itu relatif, tergantung kita sendiri yang menjalankan. 

Bila setiap hari kita tidak membenci orang, mengritik, menghakimi orang, menyebarluaskan aib orang, mengucapkan kata-kata yang tidak patut diucapkan, atau menyinggung perasaan orang, dan sebagainya, itu berarti setiap hari kita mengalami hari yang baik, penuh dengan kebahagiaan tanpa kegelisahan!

Sebaliknya, orang yang melakukan hal itu setiap hari akan mengalami hari yang tidak baik sepanjang tahun, hidupnya tidak bahagia, dan dia tidak disukai orang banyak.

Bila sepanjang tahun tidak pernah melakukan perbuatan yang melanggar hati nurani, orang akan melewatkan tahun yang baik, penuh dengan sukacita dan kedamaian.

Apakah kita sudah berusaha menciptakan hari dan tahun yang baik? Hari, bulan, dan tahun yang baik tidak ditentukan oleh faktor luar; semua ditentukan oleh diri kita sendiri. 

(Dari: Buku The Ancient Chinese Wisdom - Bebas dari Nafsu Keinginan Baru Bisa Hidup Tenang, karya Andri Wang. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2012)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar