Cari Blog Ini

Kamis, 07 Februari 2013

Pelajaran Berharga

Ronald Reagan (1911-2004), Presiden Amerika Serikat ke-40, berasal dari keluarga miskin. Ayahnya pemabuk berat dan ibunya sangat sederhana. "Ibuku adalah sosok paling ramah yang pernah kujumpai dalam hidup. Ibu selalu punya sesuatu untuk diberikan kepada orang-orang yang kurang beruntung dibandingkan keluarga kami," kenang Reagan tentang ibunya.

Saat menjadi aktor di Hollywood, Reagan pernah menerima sepucuk surat dari seorang bapak yang mempunyai putri kecil yang sedang terbaring sakit keras. Sang putri menginginkan potret diri Reagan dengan tanda tangannya. Reagan tak menghiraukan permintaan itu.

Suatu kali, ia menceritakan hal itu kepada ayahnya. Ayahnya menyarankan Reagan segera memenuhi permintaan sederhana tersebut. Reagan melakukannya. 

Dua minggu kemudian, Reagan menerima surat dari seorang perawat di rumah sakit tempat putri kecil itu dirawat. Sang perawat menceritakan, gadis cilik tersebut telah meninggal sambil mendekap erat foto bintang film Ronald Reagan.

Bagi Reagan, peristiwa itu menjadi pelajaran berharga tentang hidup. "Saya tidak akan pernah menahan diri lagi untuk berbuat baik kepada siapa pun selama saya dapat melakukannya, betapa pun kecil perbuatan itu," ujarnya. (Bert Balling)

(Dari: Buku 1500 Cerita Bermakna jilid ke-3, karya Frank Mihalic, SVD. Penerbit Obor, 2008)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar