Cari Blog Ini

Selasa, 26 Februari 2013

Memberi Lebih Dulu

Seorang pria paruh baya mempunyai toko makanan ternak yang tidak begitu laku. Semakin lama, semakin sedikit orang yang membeli pakan ternak. Pria itu lalu punya ide "gila," menginvestasikan 50 dollar - uang yang cukup banyak pada zaman itu - untuk membeli 1.000 ekor anak ayam. 

Para tetangganya mengejek: jual pakan ayam saja tidak bisa, apalagi sekarang jual anak ayam. Mereka lebih heran lagi, ketika tahu bahwa pria tersebut tidak menjual anak-anak ayamnya. Ia memberikan anak-anak ayam itu secara gratis kepada para pembeli pakan ternaknya.

Para tetangganya berpikir: toko sudah mau bangkrut, malah beli banyak anak ayam, lalu dibagi-bagikan gratis. Ternyata, program anak ayam gratis malah membuat banyak orang mulai berdatangan ke tokonya. Semakin hari, tokonya semakin laris. 

Setelah diselidiki, para pembeli pakan ternak yang menerima anak ayam gratis, datang kembali berbelanja ke toko tersebut untuk membeli makanan bagi anak ayam gratisan tersebut.

(Dari: Buku 100 Inspiring Stories - Kisah-kisah Kehidupan yang Menginspirasi, Menghibur, dan Menyejukkan Jiwa Anda, karya Xavier Quentin Pranata. Penerbit Andi-Yogyakarta, 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar