Cari Blog Ini

Rabu, 21 Maret 2012

Apakah Engkau Mengenal Saya?

Saya tidak punya rasa hormat terhadap keadilan. Saya melukai tanpa membunuh. Saya menghancurkan hati dan merusak kehidupan. Saya cerdik dan jahat. Semakin saya dikutip, semakin saya dipercayai. Saya berkembang dalam setiap tingkatan masyarakat.

Korban-korban saya sangat tidak berdaya. Mereka tidak dapat melindungi diri sendiri melawan saya, karena saya tidak mempunyai wajah. Mengejar dan menangkap saya tidak mungkin. Semakin keras engkau berusaha, semakin sulit menangkap saya.

Saya bukan teman siapa pun. Sekali saya menghancurkan nama baikmu, akan sulit pulih kembali seperti sediakala. Saya menjatuhkan pemerintahan dan merusak pernikahan. 

Saya menghancurkan karier, menyebabkan malam yang menggelisahkan, sakit hati, dan pedih. Saya membuat orang-orang tak berdosa menangis. Saya membuat berita-berita utama yang menyakitkan hati.

Saya disebut gosip!

Maka, jika engkau ingin bercerita tentang seseorang... pertimbangkanlah: Apakah itu benar? Apakah itu perlu?  Apakah itu baik? Jika tidak, tak perlu mengatakannya. 

(Dari: Buku Rangkaian Kisah Bermakna - 100 Cerita Bijak jilid ke-5, karya Brian Cavanaugh, T.O.R. Penerbit Obor, 2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar