Cari Blog Ini

Minggu, 15 September 2013

Ajarilah Aku Mendengarkan

Ajarilah aku mendengarkan, ya Tuhan, 
mereka yang paling dekat denganku: 
keluarga, sahabat-sahabat, dan rekan-rekan kerja. 
Bantulah aku menyadari, setiap orang butuh didengarkan sebagai pribadi.

Ajarilah aku mendengarkan, ya Tuhan, 
mereka yang jauh dariku: 
bisikan orang-orang yang putus asa, 
rintihan orang yang tak punya suara, 
keluhan orang yang dilupakan, dan tangisan mereka yang tertindas.

Ajarilah aku mendengarkan, ya Tuhan, diriku sendiri. 
Bantulah aku agar selalu berani memercayai suara hati nuraniku, 
relung terdalam batinku.

Ajarilah aku mendengarkan, ya Tuhan, 
suaraMu yang lembut 
dalam kesibukan serta kebosanan, 
dalam kepastian maupun kebingungan, 
dalam kebisingan maupun kesunyian.
 
(Dari: Buku Mendengar - Seri Hari Ini 003, karya Abba Tresnanto. Penerbit Nusa Indah, 1984)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar